Keblinger

Keblinger

Object-Oriented Programming (OOP)


Topik pemrograman yang sedang ramai dibahas pada saat ini adalah pemograman berbasis objek atau object oriented programming (OOP). Sesuai dengan namanya, segala sesuatu yang dimanipulasi adalah objek. Banyak bermunculan bahasa pemrograman yang berorientasi objek baik berbasis Text ataupun Visual. Diantara bahasa pemrograman tersebut diantaranya C++, C#, Pascal, Java, Delphi, PHP, VB.Net, SIMULA, Ruby, Smaltalk, Python, Eiffel, dan Perl.
Konsep OOP sebenarnya menirukan kehidupan nyata, dimana semuanya adalah objek.
Objek = Data + Metode
Data
• Analogikan = Variabel
• Karakteristik dari objek – Aksi Terhadap data
Metode
• Function/Procedure
• Aksi Terhadap Data
Contoh :
Objek Mobil, Motor => Kelas Kendaraan
Kelas Kendaraan
Objek Mobil
Data :
• Stir
• Ban
• Mesin
Metode :
• Belok
• Berputar
• Maju
• Mundur
• Ngerem
• Nyala
Pemograman berbasis objek harus mendukung 3 konsep :
1. Pengkapsulan (encapsulation)
2. Pewarisan (inheritance)
3. Polimorfisme (polymorphism)
Untuk penulisan contoh pada bahasa pemrograman penulis akan menggunakan syntak Borland Delphi karena oleh penulis dianggap lebih mudah dan terstruktur dengan mudah dan tidak mengenal perbedaan penggunaan huruf seperti pada C++ ataupun Java. Selain itu penulis sudah terbiasa menggunakan Delphi sejak tahun 1994 sampai Sekarang.
Pembuatan Kelas dan Objek
Sintaks :
Type nama_kelas = object
{data dan metode}
End;
Contoh Dalam Delphi:
Type Titik = Objek
x,y, warna : Integer; {Data}
constructor Inits; {Metode}
End;
Contoh penggunaan :
Var A,B : Titik;
Begin
A.X := 1;
A.Y := 2;
A.Warna := 3;
A.Inits;
End.
Constructor & Destructor
Dalam pembuatan objek atau kelas terdapat metode selain procedure dan function adalah Konstruktor dan Destruktor. Konstruktor digunakan untuk menginisialisasi objek, dipanggil pada saat objek diciptakan. Sedangkan destruktor biasanya setelah objek tidak digunakan lagi. Pembuatan konstruktor dengan menggunakan key word “Constructor” sedangkan dekonstruktor menggunakan “Destructor”.
Contoh :
Type
Titik = Objek
x,y,Warna : Integer;
constructor Inits
destructor done
procedure SetX(newx:Integer)
function GetX:Integer;
End;
Constructor Titik.Inits
Begin
X := 0;
Y := 0;
Warna := 1;
End;
Destructor Titik.Done
Begin
X := 0;
Y := 0;
Warna := 1;
End;
Procedure Titik.SetX(NewX:Integer)
Begin
X := NewX;
End;
Function Titik.GetX:Integer;
Begin
GetX := X;
End;
Var A : Titik;
Begin
A.Inits;
A.SetX(3);
Writeln(A.GetX);
A.Done;
End.
Konsep Dasar OOP

1. Pengkapsulan
Penggabungan data dan metode menjadi satu kesatuan yang disebut kelas. Pada konsep ini terdapat konsep untuk menyembunyikan infomasi. Konsep penyembunyian informasi ini dalam hal kontrol akses (AC), yang terdiri dari Public dan Private. Public, anggota kelas tersebut hanya dapat diakses dari kelas/procedure yang lain, sedangkan Private, hanya dapat diakses pada kelas/procedure pada unit yang sama.

Contoh :
Type
Titik = Objek
Private
x,y,Warna : Integer;
Public
constructor Inits
destructor done
procedure SetX(newx:Integer)
function GetX:Integer;
End;
2. Pewarisan (Inheritance)
Konsep pewarisan memungkin membuat kelas baru dari data dan metode dari kelas lain, tetapi memiliki data dan metode sendiri.
Contoh :
Binatang à Mamalia : Data(Alat pernapasan, Alat Pencernaan)
Sehingga dikenal pengkelas :
Kelas Dasar/Induk
Kelas Turunan/Anak
Contoh :
Type
Titik = Objek
x,y,Warna : Integer;
constructor Inits
destructor done
procedure SetX(newx:Integer)
function GetX:Integer;
End;
Lingkaran = Object(Titik)
R : Real;
End;
Bahwa kelas lingkaran mewarisi data dan metode dari kelas Titik, sehingga Lingkaran memiliki data x,y, dan warna serta ditambah r.
3. Polimorfisme
Banyak bentuk, merupakan dua kelas yang diturunkan dari satu kelas mempunyai metode sama tetapi implementasinya berbeda. Atau dengan kata lain nama metode sama kode berbeda. Metode ini sering disebut metode Virtual. Penggunaannya dengan menggunakan kata “Virtual”
Contoh :
Type
Titik = Objek
x,y,Warna : Integer;
constructor Inits
destructor done
procedure gambar; virtual;
End;
Lingkaran = Object(Titik)
R : Real;
constructor Inits
destructor done
procedure gambar; virtual;
End;
Metode gambar pada titik dam lingkaran adalah Virtual, artinya implementasinya bisa berbeda tergantung kelasnya.
Contoh :
Procedure Titik.Gambar;
Begin
Writeln(‘Titik’);
End;
Procedure Lingkaran.Gambar;
Begin
Writeln(‘Lingkaran’);
End;

0 komentar:

Posting Komentar

Salju

 

Copyright © 2010 OMO BLOG Blogger Template by Dzignine